Sabtu, 16 Juli 2011

membuat pohon berdaun


Setelah kemarin membahas soal animasi ornament motion graphic, sekarang aku coba berbagi ilmu tentang Animasi Pohon yang mulai Berdaun.
Sebenarnya caranya banyak banget, tapi kali ini aku coba jelasin pake cara yang menurutku gampang banget, karena kita hanya tinggal mengatur Density atau jumlah daunnya saja.
- Buka 3dsmax pastinya. Bisa pake 5.1 atau 6 sekalian (aku seh kali ini pake 6)
- Klik icon Create – Geometry, ubah Standart Primitives menjadi AEC Extended
- Klik Foliage, lalu pilih jenis pohon yang kita inginkan, misalnya Japanese Flowering Cherry, Spring (karena jumlah daun cukup banyak sehingga animasi akan lebih tampak jelas)








- Pada Parameters ubah Density menjadi 0 sehingga pohon tampak gersang tanpa daun, tapi ingat merubahnya harus dengan mengklik icon panah disampingnya bukan dengan men-drag lalu merubah angka 0 begitu saja.
- Geser Timeline ke 0, lalu aktifkan Auto Key (N)
- Geser Timeline ke 100 lalu kembalikan nilai Density menjadi 1.
- Matikan Auto Key, lalu coba Play.
- Jika sudah fix, Render dalam bentuk Avi, atau jika ingin digabung dengan objek lain dan software lain pula, aku sarankan render dengan format Targa Sequence agar background menjadi transparent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar